PENELITIAN STATISTIK HASIL NILAI INPUT UN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS X DI SMAN 113 JAKARTA
TAHUN PELAJARAN 2016-2017
Oleh:
NAMA : UNTUNG PRABOWO R. S
NIS :
PROGRAM STUDI JURUSAN IPS
SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI
113 JAKARTA
Kata Pengantar
Puji dan syukur mari kita panjatkan kehadiran ALLAH SWT karena dengan rahmat dan hidayahnya saya dapat menyelesaikan tugas penelitian yang membahas tentang “Hasil nilai input UN Bahasa Indonesia siswa-siswi kelas X di SMAN 113 jakarta”.
Dalam penulisan makalah kali ini, saya mengucapkan terimakasih kepada kelas X yang sudah membantu dalam menjawab sehingga dapat terselesaikannya makalah ini, dan saya ucapkan juga terutama kepada Ibu Winarti yang sudah membantu dalam proses membuat bagian-bagian dari makalah ini.Dalam bentuk penulisan maupun isi dalam makalah ini kami akui masih banyak kekurangan,oleh karena itu kami harapkan kepada pembaca agar memberikan masukan-masukan dan kritikan yang bersifat membangun untuk menyempurnakan makalah ini. Dalam proses pembuatan makalah ini saya berterimakasih kepada Ibu Winarti yang telah membimbing materi pelajaran ini dan juga kepada kedua Orang Tua saya dan kakak saya yang memberi sarana dan prasarana, berkatnya saya dapat membuat makalah ini dengan lancar.
Demikian makalah ini saya buat semoga bermanfaat.
Jakarta, 30 Oktober 2016
Penyusun,
UNTUNG PRABOWO RS
XII IPS 2
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR i
DAFTAR ISI ii
BAB 1 1
A. LATARBELAKANG 1
B. RUMUSAN MASALAH 2
C. TUJUAN PENELITIAN 2
D. MANFAAT PENELITIAN 2
BAB II 3
2.1 DATA TUNGGAL 3
2.2 ATURAN STURGESS 4
1. JANGKAUAN 4
2. INTERVAL/ BANYAK KELAS 4
3. PANJANG KELAS 4
2.3 DAFTAR DISTRIBUSI FREKUENSI 4
2.4 UKURAN PEMUSATAN 4
A. MEAN (x ) 4
B. MODUS ( MO) 5
C. MEDIAN 5
2.5 UKURAN LETAK 6
A. KUARTIL BAWAH (Q1) 6
B. KUARTIL TENGAH (Q2) 7
C. KUARTIL ATAS (Q3) 7
2.6 DESIL 8
A. DESIL LIMA (D5) 8
2.7 PRESENTIL 8
2.8 UKURAN PENYEBARAN 9
1. HAMPARAN 9
2. RATAAN KUARTIL 9
3. RATAAN 3 KUARTIL 9
2.8.4.LANGKAH 9
2.8.5.PAGAR 10
2.8.6.PENCILAN 10
2.8.7. VARIANS (S2) 10
2.9 DIAGRAM 12
A. GRAFIK HISTROGRAM DAN POLIGON 12
B. OGIVE 12
BAB 3 PENUTUP 13
A. KESIMPULAN 13
B. SARAN 13
DAFTAR PUSTAKA 14
LAMPIRAN 15
BAB 1
PENDAHULUAN
Latarbelakang
Statistika adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan mempresentasikan data. Singkatnya, statistika adalah ilmu yang berkenaan dengan data. Istilah 'statistika' (bahasa Inggris: statistics) berbeda dengan 'statistik' (statistic). Statistika merupakan ilmu yang berkenaan dengan data, sedang statistik adalah data, informasi, atau hasil penerapan algoritma statistika pada suatu data. Dari kumpulan data, statistika dapat digunakan untuk menyimpulkan atau mendeskripsikan data; ini dinamakan statistika deskriptif. Sebagian besar konsep dasar statistika mengasumsikan teori probabilitas. Beberapa istilah statistika antara lain: populasi, sampel, unit sampel, dan probabilitas.
Statistika banyak diterapkan dalam berbagai disiplin ilmu, baik ilmu-ilmu alam (misalnya astronomi dan biologi maupun ilmu-ilmu sosial (termasuk sosiologi dan psikologi), maupun di bidang bisnis, ekonomi, dan industri. Statistika juga digunakan dalam pemerintahan untuk berbagai macam tujuan; sensus penduduk merupakan salah satu prosedur yang paling dikenal. Aplikasi statistika lainnya yang sekarang popular adalah prosedur jajak pendapat atau polling (misalnya dilakukan sebelum pemilihan umum), serta hitung cepat (perhitungan cepat hasil pemilu) atau quick count. Di bidang komputasi, statistika dapat pula diterapkan dalam pengenalan pola maupun kecerdasan buatan.Di makalah ini saya mencari sampel hingga 100 orang populasinya adalah siswa-siswi kelas 10 IPA SMAN 113 dan Mahasiswa dengan waktu penelitian 3 hari.
Terdapat dua jenis utama penelitian: eksperimen dan survei. Keduanya sama-sama mendalami pengaruh perubahan pada peubah penjelas dan perilaku peubah respon akibat perubahan itu. Beda keduanya terletak pada bagaimana kajiannya dilakukan.Suatu eksperimen melibatkan pengukuran terhadap sistem yang dikaji, memberi perlakuan terhadap sistem, dan kemudian melakukan pengukuran (lagi) dengan cara yang sama terhadap sistem yang telah diperlakukan untuk mengetahui apakah perlakuan mengubah nilai pengukuran. Bisa juga perlakuan diberikan secara simultan dan pengaruhnya diukur dalam waktu yang bersamaan pula. Metode statistika yang berkaitan dengan pelaksanaan suatu eksperimen dipelajari dalam rancangan percobaan (desain eksperimen).
Dalam survei, di sisi lain, tidak dilakukan manipulasi terhadap sistem yang dikaji. Data dikumpulkan dan hubungan (korelasi) antara berbagai peubah diselidiki untuk memberi gambaran terhadap objek penelitian. Teknik-teknik survai dipelajari dalam metode survei.Penelitian tipe eksperimen banyak dilakukan pada ilmu-ilmu rekayasa, misalnya teknik, ilmu pangan, agronomi, farmasi, pemasaran (marketing), dan psikologi eksperimen.Penelitian tipe observasi paling sering dilakukan di bidang ilmu-ilmu sosial atau berkaitan dengan perilaku sehari-hari, misalnya ekonomi, psikologi dan pedagogi, kedokteran masyarakat, dan industri.
Rumusan Masalah
Bagaimana membuat table struges?
Cara menghitung interval?
Cara menghitung jangkauan?
Cara menghitung ukuran pemusatan ?
Cara menghitung quartil?
Cara menghitung ukuran penyebaran?
Tujuan Penelitian
Untuk mengetahui cara membuat table strugers
Untuk mengetahui cara menghitung interval
Untuk megetahui cara menghitung jangkauan
Untuk mengetahui cara menghitung ukuran pemusatan
Untuk mengetahui cara menghitung kuartil
Untuk mengetahui cara menghitung ukuran penyebaran
Manfaat Penelitian
Manfaatnya adalah kita dapat menambah wawasan dengan mencari sampel dan populasi, dan kita menjadi tahu bagaimana cara menghitung statistika. Menambah ilmu pengetahuan tentang sulitnya mencari responden.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 DATA TUNGGAL
Data Statistik Nilai Input UN Bahasa Indonesia kelas X SMAN 113 jakarta
92 80 92 88 82
88 90 88 92 76
84 92 88 90 96
86 78 80 88 88
82 94 82 84 88
90 92 88 90 80
94 82 78 86 86
94 90 90 88 86
80 92 86 92 84
94 80 92 84 82
76 90 94 86 86
82 82 92 88 82
88 78 84 84 92
86 94 92 88 86
86 74 82 86 88
92 82 90 90 84
92 86 86 82 84
90 92 88 92 90
96 88 92 82 90
92 84 90 86 88
Pengurutan Data :
74 76 76 78 78 78 80 80 80 80
80 82 82 82 82 82 82 82 82 82
82 82 82 84 84 84 84 84 84 84
84 84 86 86 86 86 86 86 86 86
86 86 86 86 86 86 88 88 88 88
88 88 88 88 88 88 88 88 88 88
88 88 90 90 90 90 90 90 90 90
90 90 90 90 90 92 92 92 92 92
92 92 92 92 92 92 92 92 92 92
92 92 94 94 94 94 94 94 96 96
2.2 ATURAN STURGESS
1. Jangkauan
J = Data tertinggi – data terendah
= 96 – 74
= 22
2. Interval/ Banyak Kelas
B = 1 + 3,3 Log n
= 1 + 3,3 log 100
= 1 + 3,3 . 2
= 1 + 6,6
= 7,6 ≈ 8
B. Modus ( Mo)
2.5 UKURAN LETAK
Urutan letak yang membuat 4 bagian dari sekumpulan data.
B. Kuartil Tengah (Q2)
C. Kuartil Atas (Q3)
DESIL
membagi data menjadi 10 bagian dengan ukuran data n<10
A. Desil Lima (D5)
2.7 PRESENTIL
Sekumpulan data yang terurut memiliki nilai presentil, yakni p1, p2,…….p99
A. Persentil Enam Puluh (P60)
2.8 UKURAN PENYEBARAN
Hamparan
Q3-Q1 = 91,5 – 83,17
= 8,33
Rataan kuartil
RK = 1/2(Q1+Q3)
=1/2(83,17 + 91,5 )
= 1/2(174,67)
= 87,34
Rataan 3 kuartil
R3K = 1/4(Q1+(2.Q2)+Q3 )
=1/4(83,17+(2.87,3)+91,5 )
=1/4(83,17+175,6+91,5 )
= 1/4(349,27)
= 87,32
Langkah
L = 3/2(Q3-Q1)
= 3/2(91,5 – 83,17)
= 3/2(8,33)
= 12,50
Pagar
Pagar dalam
PD = Q1 – L
= 83,17 – 12,50
= 70,67
Pagar luar
PL = Q3 + L
= 91,5 + 12,50
= 104
Pencilan
Pencilan atas
PA = Xi < PD
= Xi < 70,67
Pencilan bawah
PB = Xi > PL
= Xi > 104
7. Varians (S2)
8. Standar deviasi /Simpangan Baku (S)
2.9 Diagram
a. Grafik Histrogram dan Poligon
b. Ogive
BAB 3
PENUTUP
KESIMPULAN
Berdasarkan uraian diatas, dapat kita ambil beberapa kesimpulan anatara lain:
Dilihat dari hasil analisa statistik nilai Input UN Bahasa Indonesia kelas X SMAN 113 Jakarta diketahui bahwa Memiliki rata-rata yang cukup tinggi
Dari hasil rata-rata nilai UN tersebut kita dapat berhipotesis bahwa kemampuan siswa-siswi kelas X SMAN 113 Jakarta di mata pelajaran Bahasa Indonesia sangat baik
Dari hasil analisa saya dapat menyimpulkan bahwa hasil nilai UN Bahasa Indonesia dapat membawa dampak positif pada prestasi belajar siswa kelas X SMAN 113 di pelajaran Bahasa Indonesia
SARAN
Dari kesimpulan diatas, maka dapat diberikan saran sebagai berikut :
Dari hasil analisa statistic yang menunjukan nilai UN Bahasa Indonesia sangat baik maka saya menyarankan kepada siswa-siswi kelas X SMAN 113 Jakarta agar tetap mempertahankan hasil prestasi belajar tersebut.
DAFTAR PUSTAKA
1. Buku tulis kelas 10
2. Buku tulis kelas 11
3. Buku tulis kelas 12
4. http://bimprippt19.blogspot.com
5. http://ppt-pusat-pembelajaran-tri.blogspot.com/2016/10/contoh-penelitian- sederhana.html
6. https://id.m.wikipedia.org
LAMPIRAN
This comment has been removed by a blog administrator.
ReplyDelete