1. Tujuan
penyelenggaraan sidang BPUPKI tanggal 29 Mei –1 Juni 1945 adalah untuk membahas
tentang ….
a.
bentuk negara Indonesia c. bentuk pemerintahan Indonesia
b.
dasar negara Indonesia d. rancangan Undang-Undang Dasar
2. Tujuan penyelenggaraan sidang
BPUPKI tanggal 10-17 Juli 1945
adalah untuk merancang
a.
Dasar Negara Indonesia Merdeka c. Piagam Jakarta atau Jakarta
Charter
b.
Rancangan Undang-Undang Dasar d. Batang Tubuh UUD
Mau download soal klik link ini DOwnload soal UTS kelas 8 IPS
Mau download soal klik link ini DOwnload soal UTS kelas 8 IPS
3.Rumusan Pancasila yang autentik
dan sah secara hukum adalah ….
a. terdapat
pada piagam Jakarta
b. sesuai
dengan konsep yang diajukan Ir. Soekarno
c. rumusan
yang disahkan PPKI tanggal 18 Agustus 1945
d. Sesuai
dengan konsep yang diajukan Mohammad Yamin
4. Rancangan
dasar Negara yang mirip dengan bunyi butir-butir Pancasila yang berlaku saat
ini diambil dari
a.
pidato Ir. Soekarno c. Piagam Jakarta
b.
pidato Mr.Moh.yamin d. batang tubuh UUD 1945
5.Panitia persiapan Kemerdekaan
Indonesia (PPKI) dib a. 1 Maret 1945 b. 28 April 1945 c. 10 Juli 1945 d. 7
Agustus 1945
6. Perbedaan
nyata isi Pancasila yang tercantum pada alenia keempat pembukaan UUD 1945
dengan Piagam
Jakarta, khususnya
terletak pada
sila …
a. ke –1 b.
ke –2 c.
ke –3 d.
ke –4
Mau download soal klik link ini DOwnload soal UTS kelas 8 IPS
7. Dokumen yang berhasil disusun
oleh Panitia Sembilan yang diketuai oleh Ir. Soekarno pada tanggal 22
Juni 1945 dikenal
dengan nama
|
….
|
||
a. Piagam Charter
|
b.
Atlantik Charter
|
c. Piagam Jakarta
|
d. Pancasila
|
8. Faktor
yang melatarbelakangi Jepang berjanji akan memberi kemerdekaan kepada bangsa
Indonesia kelak dikemudian hari adalah ….
a. terjadinya
perlawanan rakyat Indonesia diberbagai daerah
b. adanya
keinginan Jepang untuk bekerja sama
c. Jepang
tidak ingin bangsa Indonesia menderita
d. Kekalahan
Jepang dalam Perang Pasifik
9. Adanya BPUPKI dan PKI sangat bermanfaat
bagi bangsa Indonesia
a. menumbuhkan
semangat menghadapi tentara sekutu yang ke Indonesia
b. Meningkatkan
semangat perjuangan merebut kekuasaan dari tangan Jepang
c. menjalin
kerja sama bangsa Indonesia dengan pemerintah Jepang
d. mempersiapkan
bangsa Indonesia untuk mencapai Indonesia merdeka
10. Tokoh yang
mengusulkan konsep dasar
Negara Indonesia
a.
Mr. Achmad Subarjo c. Mr. Sartono
b.
Mr. Moh.Yamin d. Mr. Iwa Kusuma Sumantri
11. Tindakan
yang dilakukan oleh golongan pemuda setelah mengetahui berita menyerahnya
Jepang kepada sekutu adalah ….
a. segera
melakukan pelucutan senjata terhadap pasukan Jepang
b. mendesak
kepada Soekarno –hatta untuk segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia
c. Meminta
kepada Soekarno –Hatta untuk melakukan sidang PPKI
d. Menghancurkan
markas-markas pasukan Jepang di Indonesia
12. Penyebab
keterlambatan penyebarluasan berita Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di luar
Pulau Jawa, antara lain …
a. kedatangan
pasukan sekutu di Indonesia
b. masih
banyaknya pasukan Jepang yang berada diluar Pulau jawa
c. sarana
tansport dan komunikasi yang kurang memadai
d. sering
terjadinya bentrokan antara para pemuda Indonesia dengan pasukan Jepang
13. Kalimat kedua dalam konsep
Proklamasi Kemerdekaan Indonesia merupakan
a. kehendak
bangsa Indonesia untuk menentukan nasibnya sendiri
b. terbentuknya
pemerintahan baru di Indonesia
c. kehendak
bangsa Indonesia untuk merdeka
d. pengalihan
kekuasaan
Mau download soal klik link ini DOwnload soal UTS kelas 8 IPS
14.Salah seorang tokoh pemuda yang
berperan dalam peristiwa upacara Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
17 Agustus 1945
adalah …..
a.
Suhud c. Sutarjo kartohadikusumo
b.
Suwadi Suryaningrat d. Supriyadi
15. Soekarno-Hatta
menolak tuntutan golongan pemuda untuk segera memproklamasikan kemerdekaan
Indonesia karena
…..
a. Jepang
belum sepenuhnya menyerah kepada sekutu
b. Pelaksanaan
Proklamasi Kemerdekaan Indonesia membutuhkan biaya yang besar
c. Soekarno-Hatta
akan membicarakan masalah Proklamasi dalam rapat PPKI lebih dahulu
d. Bangsa
Indonesia belum siap untuk mempunyai pemerintahan sendiri
16. Badan yang pertama kali
menetapkan dan mengesahkan UUD 1945 adalah
a. BPUPKI b. KNIP c. MPR d. PPKI
17. Keputusan
yang dihasilkan dalam sidang PPKI tanggal 18 Agustus adalah
a. pembagian wilayah RI menjadi
delapan provinsi
b. pembentukan
Komite NasionalIndonesiaPusat
c. Menetapkan
dasar Negara Republik Indonesia
d. menetapkan PNI sebagai
satu-satunya partai politik di Indonesia
18. Kedudukan
KNIP yang dibentuk berdasarkan hasil sidang PPKI tanggal 22 Agustus 1945
sebagai
pelaksana kedaulatan
rakyat terlihat dari
….
a. keanggotaan
KNIP yang berasal dari berbagai partai politik
b. pembentukan
KNIP secara demokratis
c. kedudukan
KNIP yang sejajar dengan Presiden
d. wewenang
KNIP menetapkan GBHN sebelum MPR terbentuk
19. Pada
tanggal 18 Agustus 1945 PPKI melakukan tindakan penting bagi kelangsungan
kehidupan
bernegara di
Indonesia setelah diproklamasikannya Kemerdekaan
a. Menetapkan
dan mengesahkan UUD RI
b. menetapkan
pembentukan Badan keamanan rakyat
c. menetapkan
pembagian wilayah di Indonesia
d. Membentuk
cabinet pertama di Indonesia
20.
Latar belakang terjadinya pertempuran lima
hari
a. Tentara
sekutu meracuni cadangan air minum di Semarang
b. penembakan
terhadap Dr. Karyadi oleh pasukan Jepang
c. pendudukan
pasukan Jepang atas wilayah Semarang
d. Jepang menolak perlucutan senjata
yang diakukan oleh para pemuda di Semarang
21.
|
Bertemunya
dua budaya berbeda saling menyatu membentuk kebudayaan baru
disebut ….
|
|||
a.
Akomodasi
|
b.
Akulturasi
|
c.
Asimilasi
|
d.
Kerjasama
|
|
22.
|
Persaingan antar
individu untuk mencari
keuntunga
|
|||
a.
Competition
|
b.
Conflict
|
c.
Conciliation
|
d.
Adjudication
|
|
23.
|
Adanya tantangan
yang sama dari
luar, akan menyeba
|
|||
a.
Asimilase
|
b.
Akulturasi
|
c.
Kooperasi
|
d.
Akumudasi
|
|
24.
|
Berikut ini
merupakan bentuk hubungan
disosiatif/
|
|||
a.
kooptasi
|
b.
konflik
|
c.
persaingan
|
d.
kontraversi
|
|
25.
|
Contoh bentang
alam/kondisi geografis yang
mendukung kegiatan nelayan
|
|||
a.
pegunungan tinggi
|
b.
dataran rendah pantai
|
c.
banyaknya jalan tol
|
d.
daerah perbukitan
|
|
26.
|
Tujuan
utama orang melakukan hubungan sosial
dalam masyarakat adalah
|
|||
a. mendapatkan pengakuan
|
c.
memperoleh ketenaran
|
|||
b.
memenuhi kebutuhan
|
d.
mendapatkan rasa aman
|
27.
|
Salah satu
dampak negatif akibat
hubungan social
|
|||||
a.
mengembangkan tenggang rasa
|
c.
wawasan bertambah
|
|||||
b.
kebutuhan mencukupi
|
d. muncul fanatisme berlebihan
|
|||||
28.
|
Jenis pranata sosial yang
bertujuan mengawasi adat istiadat dalam masyarakat disebut ….
|
|||||
a.
Operatife Institution
|
b.
Basic Institution
|
c.
Regulativ Institution
|
d.
General Institution
|
|||
29.
|
Berikut
ini merupakan lembaga-lembaga
yang lahir dari
pranata pendidikan
|
|||||
a.
kursus-kursus
|
b.
sekolah umum
|
c.
penerbit buku
|
d.
Institute
|
|||
30.
|
Membentuk
warga Negara yang patriotisme dan nasionalisme merupakan fungsi
….
|
|||||
a.
pranata politik
|
b.
pranata pendidikan
|
c.
pranata agama
|
d.
pranata ekonomi
|
|||
31. Berikut ini
yang termasuk kegiatan
dalam pranata
a. sikap
sopan santun terhadap orang tua
b. berbuat
baik kepada sesame manusia
c. menebangi
hutan memilih kayu yang sudah tua
d. membantu
teman yang mengalami kesulitan
32. Berikut ini
merupakan fungsi nyata
pranata sosial
a. perkawinan
untuk menutupi rasa malu
b. keluarga
sebagai tempat pengenalan nilai-nilai luhur
c. pranata
ekonomi mengatur sistem produksi, distribusi dan konsumsi
d. Agama
mengatur hubungan baik sesame manuisia dan dengan Tuhan
33. Berikut ini
adalah contoh pranata
umum, kecuali …
a. pranata agama b. pranata Negara c.
pranata keluarga d.
pranata Kristen
34. Bentuk pranata
sosial yang sengaja
dibentuk untuk
a.
Enacted Institution c. Operative Institution
b.
Ressive Institution d. Regulative Institution
Mau download soal klik link ini DOwnload soal UTS kelas 8 IPS
Mau download soal klik link ini DOwnload soal UTS kelas 8 IPS
35. Pranata agama merupakan sebuah
pranata yang aturan-aturannya bersumber dari …
a. wahyu b.
Ideologi Negara c. UUD suatu
Negara d. tokoh agama
36. Keluarga merupakan
pranata pertama dan
utama, sebab……
a. keluarga
merupakan lembaga masyarakat terkecil
b. dalam
keluarga anak mendapat pendidikan pertama dan waktunya lama
c. hanya
keluarga yang mampu menanamkan kepribadian anak
d. keluarga
lebih berpengaruh daripada lingkungan yang lain
37. Salah sdatu masalah yang timbul
jika keluarga tidak berfungsi
a. kenakalan anak b.
kebodohan anak c. anak menjadi
kuper d. anak sering sakit
38. Papan tulis,
meja, dan kursi
merupakan alat dalam pranata
a.
kepolisian
|
b.
pendidikan
|
c.
agama
|
d.
keluarga
|
|
39.
|
Lembaga politik
yang bertugas sebagai
pelaksanan
|
|||
a.
legislative
|
b.
kehakiman
|
c.
yudikatif
|
d.
eksekutif
|
|
40.
|
Kegiatan pemasaran, perdagangan dan
jual beli diadakan dalam pranata
|
|||
a.
agama
|
b.
hukum
|
c.
ekonomi
|
d.
pendidikan
|
0 Response to "Kisi-kisi soal UTS IPS Semester 2 Kelas 8"
Post a Comment